Rabu, 28 Maret 2012

Akhir Pekan di Kolam Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng

Lelah bekerja seminggu penuh? Yuk, hilangkan penat dengan berendam di kolam air panas Tirta Sanita, Ciseeng. Selain berendam dan menikmati keindahan alam sekitar, Anda juga bisa outbond bersama keluarga. Seru!

Berada di Gunung Kapur, Ciseeng, Bogor, Tirta Sanita menawarkan akhir pekan hangat dengan berendam di pemandian air panasnya. Ya, Tirta Sanita memang terkenal sebagai pemandian air panas belerang di Bogor.

Air panas ini berasal dari Gunung Kapur Ciseeng. Setiap akhir pekan, pemandian ramai dikunjungi wisatawan. Banyak hal yang membawa mereka untuk datang, ada yang hanya ingin menikmati alam atau sekadar duduk-duduk santai menikmati udara bersihnya.

Cukup dengan membayar tiket masuk Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati fasilitas di Tirta Sanita. Mulai dari outbond, tempat makan penginapan, dan yang terakhir tentu saja kolam air panas, semua ada di Tirta Sanita. Bisa dibilang kolam air panas menjadi primadona Tirta Sanita dan selalu dipadati pengunjung.

Beberapa pengunjung berendam untuk melonggarkan otot-otot tubuh yang lelah setelah seminggu bekerja. Tetapi, ada pula yang berendam untuk kepentingan medis. Ternyata, air panas belerang Ciseeng bisa menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Ini telah dibuktikan lewat penelitian TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd. Jadi, dengan berendam di kolam ini, Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus, rekreasi dan berobat sehat.

Untuk pengunjung yang tidak ingin basah-basahan, pemandian air panas ini juga menyediakan fasilitas penunjang yang lain, seperti permainan outbond dan taman main anak. Untuk bermain outbond, pengunjung diminta membayar Rp 110.000.

Satu hal yang harus Anda coba saat berkunjung ke Tirta Sanita adalah mendaki gunung kapur. Cobalah sedikit menanjak gunung kapur di dekat pemandian. Bukalah mata Anda dan temukan keindahan alam yang tersaji. Dari atas gunung, hamparan sawah dan pepohonan rindang siap menyegarkan mata. Pemandangan yang jarang Anda temukan di kota besar. Eits, tapi ingat! Berhati-hatilah saat mendaki, karena beberapa anak tangga yang disediakan sudah rusak.

Setelah lelah mendaki, asyiknya beristirahat sambil menikmati minuman pelepas dahaga. Di sekitar pemandian, ada banyak warung yang menyajikan minuman segar seperti kelapa muda. Tak perlu kuatir soal harga, untuk sebutir kelapa dikenai harga Rp 5.000. Murah bukan?

Jika merasa kurang puas rekreasi sehari di pemandian air panas ini, Anda bisa menginap di pondokan yang telah disediakan. Tarif yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 110.000-170.000.

Ingin datang ke objek wisata ini? Dari arah Jakarta Anda bisa mengambil dua rute, yaitu lewat tol dan tidak. Untuk rute lewat tol, Anda bisa mengambil jalan Tol Lingkar Luar Pondok Indah dan keluar di Serpong, melewati Puspitek-Pasar Prungpung dan tiba di lokasi. Jika tidak ingin lewat tol, cukup mengikuti rute Lebak Bulus-Pondok Cabe-Parung-Ciseeng.

Bersumber dari : www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar