Jumat, 29 Juni 2012

Asiknye Berburu Jajanan Khas Betawi Ini!

Apa jajanan khas Betawi favorit Anda? Soto mi? Kerak telor? Atau Uli bakar? Mumpung lagi merayakan hari jadi kota Jakarta yang ke 485, yuk cicipi kembali aneka makanan dan jajanan khas Jakarta!

Bertepatan dengan momen ulang tahun kota Jakarta, biasanya banyak diadakan festival kuliner dengan menu-menu legendaris khas Betawi. Jika tak mau repot dan ingin yang lengkap di satu tempat, mampir saja ke Pekan Raya Jakarta, Monas, atau foodcourt khusus makanan tradisional! Nyok, jalan-jalan sambil nyicipin kuliner khas Jakarte!


1. Soto Mie




Soto mi dibuat dari racikan mi kuning, bihun, tomat, kol, risol dan daging yang disiram kuah kaldu gurih yang mengepul panas. Makin asyik lagi jika ditambah air perasan jeruk nipis dan juga sambal. Rasanya mantap! Di Jakarta, soto mi Berawi yang populer lezatnya antara lain Soto Mi Theresia, Soto Mi Lautze, dan juga Soto Mi Wahid Hasyim.


2. Kerak Telor




Yang ini merupakan makanan wajib yang harus ada di setiap perayaan ulang tahun Jakarta. Kerak telor dibuat dari beras ketan putih yang dipadukan dengan telur ayam atau bebek, dan diberi parutan kelapa sangrai yang sudah diberi bumbu. Jejeran pedagang kerak telor bisa ditemui di Pekan Raya Jakarta dan juga Monas. Saat momen ulang tahun seperti ini, biasanya kerak telor juga tersedia di pusat-pusat keramaian. 


3. Asinan




Asinan gaya Betawi umumnya menggunakan sawi, kol, tauge, selada, dan tahu putih yang ditaburi kacang tanah goreng. Kuahnya menggunakan bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, dan dilengkapi kerupuk mie yang renyah. Penjual asinan Betawi yang populer antara lain asinan Betawi Bang Sawal, asinan Bonbin, asinan kamboja H. Mansyur, asinan Betawi Ny. Isye, dan juga asinan Bang Tata.


4. Bubur Ase




Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur ase merupakan kombinasi dari bubur dan juga kuah semur dan asinan. Terdiri dari bubur yang diberi kuah semur dan asinan dengan isian sawi asin, lobak, tauge, kol, dan lainnya. Rasanya campuran antara gurih, pedas dan asam, dengan tekstur lembut dari bubur yang berpadu dengan renyah segar sayuran. Di Jakarta, penjual bubur ase yang terkenal adalah warung bubur ase Betawi Bu Asnah di daerah Tanah Abang.


5. Kue rangi




Kue rangi dibuat dari adonan kelapa yang diparut kasar dan tepung kanji, kemudian dibakar dan diberi gula merah leleh yang dikentalkan. Teksturnya renyah dengan rasa yang gurih-gurih manis. Kue rangi tak pernah absen di berbagai festival kuliner Betawi, dan juga bisa didapatkan di Pasar Mayestik, Jalan Sabang, dan daerah kota.


6. Uli bakar




Uli bakar terbuat dari olahan ketan yang dibakar di atas bara api, dan di atasnya ditaburi serundeng yang dicampur gula pasir. Rasanya legit-legit gurih. Untuk mencicipinya, datang saja ke PRJ atau sekitar Monas. 

(flo/odi)


Bersumber dari : Flora Febrianindya - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar