Selasa, 04 September 2012

Gangguan Sepele di Tubuh yang Tidak Bahaya Tapi Menjengkelkan


Jakarta, Jarang ada orang harus menginap di rumah sakit cuma karena sariawan atau gatal-gatal, namun tidak sedikit yang jadi stres karena keluhan sepele tersebut. Ada beberapa penyakit yang memang menjengkelkan meski sebenarnya tidak mematikan.

Penyakit-penyakit yang kelihatannya sepele namun cukup menjengkelkan antara lain sebagai berikut, seperti dirangkum dari WebMD, Medicinenet dan Mayo Clinic, Senin (3/9/2012).

1. Kulit gatal-gatal


Ada banyak penyebab rasa gatal di permukaan kulit, mulai dari berbagai infeksi hingga reaksi alergi. Gatal di permukaan kulit umumnya tidak berbahaya, namun bisa menular kalau penyebabnya adalah infeksi dan bisa disertai gejala lain yang lebih berat kalau dipicu oleh alergi.

Gatal karena infeksi jamur, bakteri atau kuman lainnya bisa diatasi dengan antibiotik sesuai petunjuk dokter. Sementara itu, gatal karena alergi bisa diobati dengan salep atau bedak salisilat maupun dengan obat telan yang mengandung antialergi.

2. Sakit gigi


Meski namanya sakit gigi, dalam kenyataannya sakit yang dirasakan bisa menjalar sampai ke ujung kepala. Ditambah lagi datangnya sering tidak terduga, penyakit yang satu ini sangat mengganggu produktivitas di tempat kerja dan bahkan untuk istirahat pun orang sampai tidak bisa tidur.

Sikat gigi dan kumur-kumur secara teratur bisa mencegah datangnya sakit gigi karena infeksi pada gigi berlubang. Sementara jika sudah terlanjur sakit, ada beberapa jenis obat bebas untuk meredakan nyeri yang bisa dibeli tanpa harus memakai resep dokter.

3. Sariawan


Luka kecil di rongga mulut sangat jarang atau hampir tidak pernah menyebabkan kematian, namun efeknya sangat menjengkelkan. Makan jadi tidak enak, bahkan untuk bicara saja mulut terasa sangat tidak nyaman sehingga seseorang jadi lebih pendiam saat sedang sariawan.

Kurang vitamin C sering disebut sebagai pemicu munculnya sariawan, sehingga pencegahan dengan banyak makan buah jadi langkah terbaik untuk menghindarinya. Sedangkan untuk mengobatinya, cairan borax-gliceryn bisa dibeli dengan harga sangat murah di apotek maupun toko obat.

4. Hidung meler

Meski tidak disertai flu dan demam, pilek atau hidung meler bisa membuat kepala pusing karena pikiran jadi susah diajak konsentrasi. Misalnya saat sedang ingin fokus mengerjakan sesuatu, tiba-tiba hidung meler dan harus buru-buru menengadahkan kepala lalu ambil tisu untuk membersihkannya.

Sama seperti gatal-gatal, hidung meler biasanya dipicu oleh reaksi berlebihan dari sistem imun tubuh misalnya karena cuacanya ekstrem atau sedang berada di ruangan berdebu. Obat antialergi cukup efektif untuk mengatasinya, meski efek sampingnya jadi agak mengantuk.


(up/ir)
Bersumber dari : AN Uyung Pramudiarja - detikHealth



Tidak ada komentar:

Posting Komentar