Jumat, 26 Oktober 2012

Bahayanya Tidak Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet


Jakarta - Kulit manusia bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit, baik melalui pernafasan atau sentuhan. Coba bayangkan, betapa berisikonya penularan bakteri akibat penggunaan toilet secara bergantian.

Penularan tersebut pun dapat bertambah parah jika Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Berikut adalah penyakit yang disebabkan akibat tidak mencuci tangan setelah memakai toilet, seperti dilansir dari Live Strong.

1. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut
Penyakit tangan, kaki, mulut atau disebut juga flu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie yang menular melalui kontak langsung, makanan, maupun kotoran. Penyakit yang umumnya menyerang bayi dan anak-anak ini, dimulai dengan adanya gejala seperti benjolan yang tampak melepuh pada mulut, telapak tangan dan kaki. Untuk mencegahnya, cucilah tangan setelah menggunakan toilet untuk mencegah penularan virus.

2. Hepatitis A
Penyakit infeksi hati yang ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kulit menguning, warna urin gelap, mual, dan muntah ini dapat menular melalui virus. Penularannya bisa terjadi ketika seseorang yang terkontaminasi virus hepatitis A, tidak mencuci tangannya setelah menggunakan toilet lalu memegang makanan yang akan dikonsumsi orang lain. Tetapi infeksi ini juga bisa ditularkan melalui kontak langsung.

3. Shigellosis
Shigellosis (disentri Basiler) adalah infeksi usus yang menyebabkan diare hebat. Infeksi menyebar melalui kotoran orang yang terinfeksi. Sigelosis ditandai dengan gejala berupa diare, kram perut, dan demam. Kadang juga gejala tersebut berkembang menjadi disentri, kotoran berisi lendir, darah, dan nanah.

Orang bisa terinfeksi bakteri ini saat duduk. Bakteri dapat menyebar dari orang yang terinfeksi mencemari air atau makanan, atau langsung kepada orang lain. Shigellosis umum terjadi di antara para pelancong di negara berkembang dan pekerja atau penduduk kamp-kamp pengungsi.

4. Giardiasis
Penyakit yang menyerang usus ini ditandai dengan gejala seperti buang gas, kram, dan diare. Penularan terjadi melalui minuman atau makanan yang terkontaminasi atau melalui tangan yang menyerntuh kista Giardia misalnya, tangan perawat yang tidak dicuci setelah penggantian popok pasien. Penyembuhan dapat dilakukan dengan pengobatan metronidazole selama lima sampai sepuluh hari.

(eya/eny)
Bersumber dari : Karina Mahardi - wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar