Minggu, 29 Januari 2012

Dosis Parasetamol untuk Anak

Demam cukup sering terjadi pada anak. Hampir setiap penyakit pada anak (penyakit infeksi khususnya) selalu ditandai dengan demam (suhu tubuh lebih dari 37,5°C). Obat penurun panas pada anak yang paling aman diberikan adalah parasetamol. Parasetamol termasuk obat yang dijual bebas (OTC/Over The Counter). Obat lainnya seperti aspirin tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan sindrom Reye yang berbahaya. Ibuprofen pun sebagian besar dokter anak tidak merekomendasikan karena Ibuprofen kurang ramah terhadap lambung (pernah ditemukan kasus anak muntah darah setelah diberikan Ibuprofen). Dosis parasetamol yang digunakan untuk anak adalah 10 mg/kg BB/per kali pemberian. Dosis ini tidaklah perlu tepat betul, karena sebenarnya dosis yang masih diperbolehkan adalah 10-15 mg/kgBB/per kali pemberian. Parasetamol dapat diberikan maksimal 50 mg/kg BB dalam sehari (5 kali pemberian) dengan jarak antar pemberian minimal 4 jam.

Perlu diingat oleh orangtua, apabila demam berlangsung lebih dari 3 hari sebaiknya bawa anak ke dokter untuk diperiksa.

Contoh ilustrasi:

Anak X dengan berat badan 12 kg maka dapat diberikan 12 kg x 10 mg = 120 mg setiap kali pemberian. Obat dapat diberikan 5 kali sehari dengan total dalam sehari tidak lebih dari 12 kg x 50 mg = 600 mg.

Sediaan obat parasetamol yang tersedia ada berbagai macam, hendaknya orangtua membaca dahulu pada kemasan obat yang dijual bebas. Sebagai contoh, ada sediaan sirup yang 125 mg per 5 ml sirup, ada yang 250 mg per 5 ml sirup. Bila menggunakan sirup dengan sediaan 125 mg/5ml, maka anak X diberikan 5 ml sekali pemberian, dan dapat diulang 4 jam sekali bila masih demam.

Bersumber dari : www.kiddiecarecentre.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar