Senin, 09 Januari 2012

Infeksi Telinga Tengah

Anak Anda mengeluhkan nyeri telinga di sore hari, dan anak menolak untuk makan. Malam harinya anak mengalami demam dan sakit telinga yang bertambah parah. Apakah Anda pernah mempunyai pengalaman seperti itu pada anak Anda? Mungkin sekali anak Anda terkena infeksi telinga tengah.

Infeksi telinga tengah (Otitis Media Akut) merupakan infeksi pada telinga bagian tengah. Telinga dibagi menjadi 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Bagian telinga tengah adalah mulai dari membran timpani telinga dan tulang-tulang pendengaran. Ada satu bagian telinga berbentuk saluran yang menghubungkan antara telinga dengan tenggorokan yang  disebut dengan tuba eustacius. Saluran inilah yang menjadi alasan mengapa infeksi seperti batuk pilek biasa terkadang dapat berkembang menjadi infeksi telinga.

Pada infeksi telinga tengah, anak seringkali mengeluh sakit telinga, terkadang disertai keluarnya cairan dari telinga yang berbau tidak enak. Dokter yang memeriksa akan menemukan membran telinga yang meradang, bengkak dan kemerahan. Bila ini tidak diatasi dapat mengalami komplikasi berupa bocornya membran timpani telinga.

Terapi infeksi telinga tengah adalah dengan jalan memberikan obat tetes telinga bila memungkinkan, dan disertai pemberian obat oral seperti anti radang dan juga antibiotik. Selain itu juga dapat diberikan obat demam (sirup parasetamol) bila anak demam dan pemberian masukan cairan yang cukup.

Bersumber dari : www.kiddiecarecentre.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar