Rabu, 28 Desember 2011

Akhir Tahun Dimeriahkan Festival Kuliner Merapi

TEMPO.CO, Sleman - Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dalam libur akhir tahun ini akan disuguhi Festival Kuliner Lereng Merapi dan berbagai atraksi kesenian lainnya. Festival kuliner ini akan digelar pada Jumat 30 Desember 2011 di Taman Parkir Obyek Wisata Tlogo Putri Kaliurang Sleman.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Sleman Jono Lesmana mengatakan festival ini akan melibatkan ribuan peserta yang berasal dari 35 pengelola desa wisata sekabupaten Sleman serta 4 kelompok perempuan lereng Merapi yang tergabung dalam Perempuan Mandiri Lereng Merapi.

Jono mengatakan pada kegiatan itu peserta yang terlibat akan mendapatkan dana stimulans Rp 300 ribu per kelompok. Dana itu guna keperluan pembelian bahan makanan Rp 150 ribu dan sisanya untuk menyiapkan peralatan masak serta transportasi.

“Akan ada juga apresiasi bagi pemenang yang dinilai paling atraktif dalam festival itu,” kata Jono, Selasa 27 Desember 2011. Bagi peserta festival yang menang BPPS memberikan hadiah Rp 2 juta untuk juara pertama, Rp 1,5 juta untuk juara dua, dan Rp 1 juta untuk juara tiga.

Ditambahkan dia, festival ini untuk mengajak masyarakat sekitar lereng Merapi kembali aktif menggeliatkan sektor wisata usai erupsi. Untuk itu para peserta diminta berkreasi penuh menampilkan produk pangan lokal yang menarik perhatian pengunjung. Misalnya olahan pangan nasi yang selama ini cukup banyak seperti nasi kuning, nasi merah, nasi ungu, serta nasi hijau.

Festival ini dimaksudkan juga untuk mengubah citra bahwa kuliner sekitar kawasan lereng Merapi khususnya Taman Wisata Kaliurang masih monoton. “Selama ini di Kaliurang masih dominan soto dan bakso. Padahal banyak sekali kulinernya yang khas tapi tak dijual,” kata Kepala Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Sleman, Bejo Wiryanto.

Selain festival kuliner itu, pada perayaan pergantian malam tahun baru 2012 sejumlah atraksi kesenian juga bakal digelar di Kaliurang. Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman, Wasita, menuturkan di kawasan Tlogoputri Kaliurang akan dipentaskan kesenian tradisional legendaris Dayakan Simo Merapi.

PRIBADI WICAKSONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar