Sabtu, 04 Februari 2012

Apendisitis (Radang Usus Buntu)

Apendisitis atau radang usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu (apendiks). Usus buntu adalah suatu bagian kecil usus yang terletak di daerah ujung usus besar (perut sebelah kanan bawah), dekat tempat peralihan dari usus kecil ke usus besar. Bentuknya seperti cacing (sering juga disebut dengan umbai cacing) dengan rongga sempit di dalamnya. Apendisitis terjadi apabila ada makanan atau feses yang berjalan dari usus halus masuk ke usus besar, tetapi kemudian tersangkut di dalam apendiks dan terjadi peradangan (inflamasi) di sana. Apendisitis akut termasuk kegawatdaruratan dalam bidang kesehatan anak, dan bila terjadi apendisitis akut, maka usus buntu perlu dibuang dengan jalan operasi yang dinamakan apendektomi.

Tanda dan gejala apendisitis:

  • Sakit perut

Ini merupakan keluhan pertama kali yang timbul. Biasa sakit dirasakan awal mulanya di daerah pusar, kemudian bergeser ke arah kanan bawah. Sakit terasa sangat nyeri dan anak seringkali sampai melipat kakinya untuk mengurangi rasa nyeri. Bila ditekan di daerah perut kanan bawah akan terasa sakit sekali.

  • Muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Demam

Biasanya demam tidak terlalu tinggi, tetapi apabila apendisitis tersebut sangat berat dan terjadi peradangan yang hebat sampai kemudian pecah maka akan ditandai dengan demam yang tinggi. Keadaan ini patut diwaspadai karena sangat berbahaya.

Terkadang dokter mengalami kesulitan dalam menegakkan diagnosis apendisitis karena tidak jarang juga gejala yang timbul tidak khas, seperti misalnya hanya sakit perut biasa, diare, mual dan muntah. Pemeriksaan tambahan seperti X-ray ataupun USG seringkali lebih dapat memastikan diagnosisnya. Bila telah dapat dipastikan, maka tindakan operasi untuk membuang usus buntu yang meradang tersebut adalah prioritas utama. Setelah dilakukan operasi, biasanya akan diberikan obat-obat antibiotik untuk mencegah dan mengobati infeksi yang terjadi di dalam perut.

Bersumber dari : www.kiddiecarecentre.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar