Rabu, 08 Februari 2012

Influenza VS Common Cold

Anak-anak, terutama anak yang masih kecil (di bawah 5 tahun) seringkali mengeluh batuk, pilek, dan demam. Orangtua pun seringkali mengatakan anaknya menderita flu. Sebenarnya ada 2 istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan penyakit dengan keluhan batuk,pilek dan demam yaitu common cold dan Influenza. Kedengarannya sama, tetapi sebenarnya kedua penyakit ini berbeda. Common cold adalah batuk pilek biasa, sedangkan Influenza lebih berat tanda dan gejalanya.

Berikut ini diberikan tabel perbedaan antara Common cold dan Influenza:

Perbedaan Common Cold Influenza
Penyebab Lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan Common cold, tetapi yang tersering adalah rhinovirus, coronavirus dan RSV (respiratory syncytial virus). Virus influenza. Golongan ini dinamakan dengan serotipe tertentu seperti H1N1, H3N2, H5N1, dsb. Yang sekarang terkenal adalah Influenza A H1N1
Penularan Menular dari satu orang ke orang lainnya melalui droplet air liur sewaktu batuk atau bersin atau berkomunikasi. Dapat ditularkan manusia ke manusia atau bahkan hewan ke manusia (contohnya flu burung). Cara penularan biasanya melalui kontak langsung ataupun melalui droplet (berbeda-beda antara serotipe).
Tanda dan Gejala Batuk pilek biasa, demam yang ringan atau kadang tidak ada demam, hidung berair atau hidung mampat. Tanda dan gejala lebih berat, batuk kering, pilek, demam lebih lama dan lebih tinggi disertai badan linu-linu dan lemas.
Pengobatan Common cold dapat sembuh sendiri (self limiting disease). Perawatan cukup suportif dan simtomatik saja. Dapat dirawat di rumah saja. Influenza memerlukan terapi anti virus tertentu (seperti misalnya tamiflu untuk flu A H1N1). Mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit.
Lama sakit Biasanya akan sembuh dalam waktu yang relatif cepat (umumnya 2-3 hari). Relatif lebih lama (bahkan dapat lebih dari 1 minggu).
Komplikasi Tidak menimbulkan komplikasi kesehatan apapun Terkadang dapat menimbulkan komplikasi seperti radang paru-paru (pneumonia), atau infeksi sekunder oleh bakteri.
Pencegahan Mencuci tangan sering-seringHindari orang yang sedang menderita common cold atau flu. Meningkatkan daya tahan, misalnya mengkonsumsi vitamin C. Mencuci tangan sering-seringVaksin Influenza (untuk serotipe tertentu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar