Jumat, 17 Februari 2012

Investasi yang Aman dalam Membeli Tanah/Rumah

Jika anda memilih sejumlah fitur investasi yang aman, maka anda bisa membuat daftarnya seperti properti, emas, deposito dan sebagainya. Membeli properti memang menjanjikan mengingat lahan untuk membangun semakin sempit, sedangkan populasi penduduk yang semakin meningkat. Hal ini berarti investasi di bidang properti akan terus naik dari waktu ke waktu. Bahkan banyak orang yang bisa jual tanah dengan mendapatkan keuntungan yang tinggi padahal tanah yang dibelinya baru saja pada bulan lalu. Mengapa? Misalnya ditanah itu ada kandungan batu bara, maka otomatis harga tanah akan meningkat drastis.

Faktor lainnya dalam harga jual tanah ataupun dijual rumah adalah lokasi. Jika lokasinya strategis, berada dipusat kota, mudah dijangkau oleh berbagai transportasi, tersedianya fasilitas yang lengkap, maka secara otomatis harga jualnya akan melejit. Investasi tanah dan rumah sangat meyakinkan mengingat anda bisa melihat fisiknya secara langsung. Hal ini memudahkan pula untuk proses penjualannya dikemudian hari. Sebelum anda melakukan transaksi jual beli tanah dan rumah, anda bisa melakukan beberapa pertimbangan sebagai berikut. Misal: tanah atau rumah tersebut mempunyai kepemilikan yang jelas. Usahkan membeli langsung dari pemilik, sebab harganya relatih lebih murah daripada melalui broker. Jika perlu anda bisa mencari tahu informasi harga tanah dari tetangga sekitar, sehingga anda bisa menawar harga tanah yang diberikan jika terlalu tinggi. Jangan membeli tanah dilokasi yang angker, rawan bencana ataupun bermasalah dalam kepemilikannya.

Pastikan seluruh proses jual beli tanah ataupun rumah dilakukan melalui notaris supaya anda tidak menemukan kesulitan di kemudian hari. Tanah yang anda beli bisa dibangun rumah ataupun untuk keperluan bisnis. Jika tidak hendak digunakan, anda bisa jual tanah dengan mengikuti harga pasaran yang berlaku. Jadi, anda yang memiliki kelebihan uang sebaiknya mulai memikirkan investasi di bidang ini berhubung uang anda tidak akan hilang dengan percuma. Sebaliknya, anda akan menikmati hasil-hasilnya diwaktu yang akan datang bersama anak cucu anda. Untuk memulainnya, cari tahu jual beli tanah serta rumah di koran setempat ataupun melalui internet.

Bersumber dari : www.media-nusantara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar